Tetap Aktif Dengan Pompa Asi dan Botol Asi
Blog

Tetap Aktif Dengan Pompa Asi dan Botol Asi

Posted On October 19, 2016 at 5:51 pm by / No Comments

Tetap Aktif Dengan Pompa Asi dan Botol Asi | Melahirkan merupakan saat yang dinanti bagi ibu hamil. Segala persiapan mereka lakukan mulai dari perlengkapan bayi seperti popok, baju bayi, serta perlengkapan lain yang dibutuhkan oleh bayi. Dalam rangka mempersiapkan segala kebutuhan si bayi tentu membutuhkan ketelitian serta kecermatan supaya semua benar-benar lengkap dan nantinya siap untuk digunakan.

Melahirkan bayi yang lucu tentu saja menjadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Rasanya kebahagiaan tersebut tidak bisa diungkapkan dengan lisan atau pun kata-kata. Wanita akan menjadi sosok yang sempurna ketika berhasil melahirkan buah hatinya dengan sehat dan selamat.

Merawat dan membesarkan anak memang sudah menjadi kewajiban bagi orang tua. Bagi seorang ibu, ketika masih berusia 0-6 bulan, salah satu kebutuhan yang wajib adalah ASI. Usia bayi yang terbilang masih dini tersebut membutuhkan pasokan ASI yang cukup. Tidak ada makanan lain yang bisa dicerna bayi selain ASI.

Ketika menyusui, memang mudah serta praktis dengan memberikan langsung ASI dari payudara ke si kecil. Selain praktis dan mudah, menyusui dengan cara tersebut akan semakin menambah ikatan batin dan kedekatan anak dan ibu. Tentu saja ini menjadi dambaan semua ibu ketika menyusui buah hati kesayangannya.

Tips Tetap Aktif Dengan Pompa Asi dan Botol Asi

Lain cerita ketika ibu sedang bekerja di luar rumah dan harus melakoni aktivitasnya kembali setelah sekian lama cuti pasca melahirkan dan bayi masih harus tetap mendapatkan ASI eksklusif. Fenomena tersebut bisa dibilang bukan lagi hal yang langka. Untuk itu, guna tetap memberikan kebutuhan ASI kepada si kecil, si ibu bisa memberikan alternatif lain yaitu dengan memerah ASI.

Ketika memerah ASI, ada tiga cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memerah langsung menggunakan tangan, menggunakan pompa ASI, dan menggunakan pompa elektrik. Anda bisa memilih cara yang dirasa paling nyaman dan aman.

Tetap Aktif Dengan Pompa Asi dan Botol Asi

Bunda Bisa Tetap Aktif Dengan Pompa Asi dan Botol Asi Yang Membantu Menyimpan Persediaan ASI Untuk Asupan Buah Hati

Memerah ASI harus tetap memperhatikan kebersihan dari ASI itu sendiri. Salah satu cara yang sering digunakan oleh ibu yang baru melahirkan adalah dengan memerah ASI menggunakan pompa ASI (breast pump)kemudian menyimpannya dalam botol ASI. Cara ini dianggap efektif dibandingkan dengan memerahnya menggunakan tangan.

Sebelum memerah ASI, kita persiapkan terlebih dahulu botol ASI yang tentunya terjamin kebersihannya dan tetap steril digunakan untuk menampung ASI. Sebelum memompa ASI, pastikan pula pompa tersebut benar-benar bersih. Kita tahu bahwa bakteri sangat mudah menempel pada benda-benda sehingga jangan sampai banyak bakteri di botol tempat menampung ASI.

Memompa ASI Dengan Teratur

Tetap aktif menggunakan pompa ASI dan botol ASI ini sering dilakukan oleh wanita yang memiliki kesibukan padat di luar rumah sehingga terpaksa meninggalkan si kecil namun tetap menyiapkan asupan ASI yang cukup. Ketika memerah ASI sebaiknya juga ditetapkan jadwal rutinnya serta sebisa mungkin mengatur konsistensi waktu ketika akan memerah.

Misalnya pagi dimulai pukul 09.00-10.00, selanjutnya pukul 12.00-13.00 dan yang terakhir sore hari sebelum pulang dari kantor sekitar pukul 16.00-17.00. Dengan menerapkan konsistensi jadwal memerah ASI ini merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan ASI yang optimal.

Jika jadwal memerah ASI yang telah ditetapkan terlewat, sebaiknya ASI tetap diperah seadanya karena pengosongan ASI payudara akan menjaga produksi dari ASI itu sendiri supaya tetap lancar. Meski jadwal terbilang sedikit meleset, itu bukan perkara yang dikhawatirkan asal jangan sampai payudara membengkak. Selalu aktiflah menggunakan pompa ASI dan botol ASI, supaya ASI yang diperah berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *