memilih pompa asi yang bagus
Blog

Memilih Pompa Asi Yang Bagus

Posted On September 11, 2016 at 3:32 am by / No Comments

Memilih Pompa ASI Yang Bagus | Memiliki buah hati merupakan dambaan setiap pasangan suami istri. Segala persiapan pun selalu dilakukan dengan baik ketika proses kehamilan hingga pasca kehamilan. Bagi pasangan yang baru saja melahirkan bayi, salah satu hal yang menjadi perhatian mereka adalah ASI untuk si buah hati. Kita ketahui bersama bahwa makanan utama bayi usia 0 hingga 6 bulan adalah ASI. Bahkan dalam dunia kesehatan pun juga sudah dituturkan sebisa mungkin ibu harus menyusui buah hati hingga usia mereka 2 tahun.

Melihat begitu pentingnya ASI untuk buah hati, tentu bagi wanita karir dengan segudang kesibukan tetap menginginkan buah hatinya  terpenuhi kebutuhan ASI nya. Mereka tak ingin anak tercinta kekurangan asupan ASI. Oleh karena itu berbagai cara selalu mereka lakukan untuk tetap memberikan ASI yang cukup kepada buah hati di sela-sela kesibukan yang dilakoninya.

Tips Memilih Pompa ASI Yang Bagus

Bagi ibu yang memiliki kesibukan di luar rumah dan mengharuskan mereka untuk memberikan ASI cadangan maka bisa menggunakan cara atau metode  memerah ASI. Meski kelihatannya sedikit aneh, namun banyak ibu yang memilih cara ini supaya bisa tetap menyediakan ASI untuk anaknya. Memerah ASI bisa dilakukan dengan cara manual yaitu menggunakan tangan atau pun menggunakan alat.

memihlih pompa asi yang bagus

Mimikasi.com tempat yang paling cocok untuk memilih pompa ASI yang bagus untuk bunda

Menggunakan alat ketika memompa ASI memang terbilang sangat efektif dan efisien jika dibandingkan dengan cara manual. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa dalam rangka penggunaan pompa ASI tidka boleh menggunakannya secara sembarangan.

Dalam memilih pompa ASI, diupayakan untuk menggunakan pompa yang benar supaya ibu tetap merasa nyaman dan tidak ada efek samping untuk kesehatan payudara. Ketika memilih pompa ASI yang bagus dan baik untuk digunakan, sebaiknya ibu memerhatikan beberapa hal berikut.

Memperhatikan jenis pompa yang digunakan

Pompa ASI yang digunakan dianjurkan untuk memilih pompa tipe piston dan sebisa mungkin menghindari jenis pompa berbentuk terompet karena akan menyulitkan ketika memberikan tekanan pada payudara. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan jenis pompa silindris supaya memudahkan Anda dan memberikan kenyamanan serta mudah untuk dibersihkan.

Memilih pompa yang mudah dibersihkan

Penggunaan pompa ASI tentu berlangsung hingga jangka panjang sampai bayi berusia minimal enam bulan. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk tetap merawat dan membersihkan pompa. Hindari pula jenis pompa yang menggunakan karet supaya tidak kesulitan dalam hal pembersihannya.

Mempertimbangkan daya hisap pompa

Kekuatan daya hisap yang dimiliki oleh pompa ASI memiliki manfaat yang besar untuk memudahkan Anda melakukan pemerasan ASI. Pompa yang memiliki daya hisap yang tinggi biasanya akan menimbulkan sedikit rasa sakit dari pada pompa yang memiliki daya hisap cukup rendah.

Pompa dengan memiliki kekuatan daya hisap yang rendah biasanya ini adalah pompa manual. Oleh karenanya supaya pompa tersebut maksimal sebaiknya menggunakan pompa elektrik supaya daya hisapnya juga maksimal. Untuk pemilihan jenis pompa elektrik inis ebaiknya memilih pompa yang memiliki daya atur.

Memperhatikan segi keamanan

Kebanyakan jenis pompa ASI yang beredar di pasaran adalah pompa dari bahan plastik. Nah jika Anda memilih pompa sebaiknya memilih pompa yang terbuat dari bahan plastik yang aman. Untuk memilih jenis plastik yang bagus, Anda bisa melihat pada kemasan. Dianjurkan untuk memilih bahan plastik high density plyehylene (HDPE)  atau plastik yang  bebas bisphenol A (BPA).

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, maka kegiatan memeras ASI akan membuat Ibu nyaman dan aman tentunya.

Leave a Reply